Perlengkapan Untuk Membuat Bayi Anda Tenang

Kerepotan menenangkan bayi Anda yang rewel? Perlengkapan bayi berikut ini mungkin bisa membantu si kecil (dan juga Anda) untuk merasa lebih nyaman…

Kain/Selimut (Bedong)

Anda pastinya sering melihat bayi yang dibungkus kain fernel/selimut seperti kepompong? Praktek yang sering kita temui terutama pada bayi yang baru lahir ini, ternyata memang beralasan lho, karena bayi memang sangat senang diperlakukan seperti ini.

Bayangkan saja, bayi Anda telah berada di dalam kandungan ibunya selama berbulan-bulan, dalam keadaan tubuhnya “terdekap” rapat, dengan tangan dan kaki yang tidak bebas bergerak dan ia sangat menyukai keadaan seperti ini. Dengan menyelimutinya (mem-bedongnya), ia merasa seperti berada dalam kandungan ibunya dulu.

Tidak hanya itu, kain/selimut yang biasa disebut bedong ini juga sebenarnya bermanfaat melindungi bayi Anda yang baru lahir dari intensitas suara dan cahaya yang berlebihan baginya.

Gendongan

Gendongan (baik gendongan samping, maupun gendongan depan), sangat berguna tidak hanya untuk mengajak si kecil berjalan-jalan ke luar rumah, tetapi juga bisa bermanfaat untuk menenangkannya ketika ia menangis dan rewel.

Perlengkapan untuk Munculnya Gigi

Untuk bayi yang rewel karena proses munculnya gigi, perlengkapan seperti waslap basah atau mainan khusus berisi air yang telah didinginkan (teething toy) bisa cukup membantu. Tidak punya? Sebagai alternatif lain, Anda bisa menggunakan sendok stainless steel yang dicelupkan ke dalam air dingin. Biarkan si kecil menggigit-gigitnya…

Dot

Selain menyusuinya, untuk menenangkan bayi yang rewel, Anda bisa mencoba menggunakan alat bantu seperti dot bayi atau bahkan biarkan si kecil mengenyot jari Anda (asal bersih ya!)…


Para dokter anak mengatakan bahwa aktifitas “mengenyot” pada bayi, ternyata merangsang otaknya untuk melepas unsur kimiawi alami tertentu, yang akan berpengaruh pada sistem sarafnya dan dapat memicu rangsangan yang menenangkan baginya.

Ayunan Bayi

Banyak ayunan bayi yang bermunculan belakangan ini, yang tidak hanya mengayun ke depan dan belakang, tetapi juga ke samping. Ini dimaksudkan untuk meniru gerakan dalam perut ibu.

Namun demikian, sebagian ahli ada juga yang tidak mendukung penggunaan ayunan untuk bayi dan batita. Alasannya, karena dikhawatirkan akan menyebabkan si anak memiliki rasa kurang percaya diri ketika ia dewasa nanti.

Kursi Bayi

Anda mungkin tahu kursi khusus bayi yang bisa dilipat dan dibawa ke mana-mana? Nah, jika bayi Anda sudah bisa duduk, alat ini bisa membantu juga untuk menenangkannya. Terkadang, bayi Anda jenuh jika terus-terusan berada pada posisi tertentu.

Jika si kecil banyak meluangkan waktunya dengan berbaring atau digendong terus menerus, coba letakkan ia di kursi bayi, untuk merubah suasana dan sudut pandangnya.

Kursi ini juga bisa berguna jika Anda membawa si kecil ke rumah teman atau kerabat. Dengan mendudukkan bayi Anda di “kursinya”, ia akan merasa lebih nyaman, walaupun ia berada di tempat yang asing baginya - yang penting ia berada di “kursinya”…


sumber: http://www.tipsbayi.com/index.php/perlengkapan-bayi-yang-berguna-untuk-menenangkan-si-kecil