Elergi Pada Anak

Jika anak Anda menderita alergi makanan tertentu, Anda harus melakukan apa saja untuk menghindarkan dia dari makanan tersebut. Namun, risiko memakan secara tidak sengaja tetap ada. Karena itu, penting untuk menyiapkan obat guna menangkal reaksi alergi. Antihistamin yang dijual bebas bisa mengobati gejala ringan (mata dan hidung berair, ruam).

Di Amerika Serikat, produsen makanan kemasan harus menyebutkan dengan bahasa yang gamblang jika produk mereka mengandung setidaknya satu dari delapan alergen yang paling umum (kecuali wijen). Sebelumnya, hanya orang tua yang mendalami ilmu gizi yang bisa menerjemahkan istilah yang dipakai dalam daftar komposisi makanan kemasan, misalnya susu sering disebut “casein” atau “whey” dan telur ditulis dengan “albumen” atau “globulin”. Sekarang produsen harus menyebutkan kata “milk” dan “egg”. Kebijakan tersebut tentu memudahkan keluarga di AS untuk berbelanja produk makanan yang aman.
Bagaimanapun, label baru juga semakin membuat frustrasi. Sebagai tanda peringatan bahaya, semakin banyak produsen yang mencantumkan kata “advisory labeling” pada produk yang bisa diartikan produk tersebut mungkin mengandung alergen, diproses menggunakan perangkat yang sama dengan alergen, atau diproses menggunakan fasilitas yang sama dengan alergen. Bahasa yang tidak gamblang ini membuat orang tua sulit menentukan produk yang perlu dihindari. Lembaga nirlaba Food Allergy and Anaphylaxis Network (FAAN) menemukan bahwa jumlah orang tua yang mengabaikan peringatan semakin bertambah. Karena produk-produk itu bisa menimbulkan bahaya, dokter menyarankan agar Anda sebaiknya menghindar dari bahan makanan itu.